Wednesday, April 17, 2013

Indahnya Paris


Pada kesempatan ini penulis akan berbagi cerita tentang tempat-tempat indah di kota Paris. Alhamdulillah penulis dapat berkunjung dua kali ke kota mode ini. Yang pertama tahun 2008, penulis sempat tinggal sekitar 3 bulan di sana. Kunjungan kedua pada penghujung tahun 2009, kali ini sekitar 1,5 bulan. Dari dua kali kunjungan ini banyak tempat-tempat yang dikunjungi, mulai dari tempat wisata, bangunan bersejarah, sampai tempat-tempat unik, berikut ceritanya:

Sacre-ceur

Ini merupakan gereja tua di kota Paris, mulai dibangun sekitar tahun 1875 dan selesai tahun 1914 (sumber:Wikipedia), letaknya di atas bukit. Dari stasiun Metro Pigalle, bisa langsung berjalan kaki, lalu menaiki tangga setapak atau menggunakan sejenis kereta gantung untuk naik sampai di atas. Karena letaknya merupakan daerah paling tinggi di Paris, dikala senja pemandangan begitu indah melihat sekeliling kota Paris dilatarbelakangi matahari terbenam. Saya sengaja membahas Sacre-cuer ini diurutan pertama, karena bagi saya tempat ini adalah tempat paling indah di kota Paris.Menjelang malam suasana café-café di sekitar Sucre-ceur ramai dikunjungi muda mudi. Kalau anda ingin dilukis, disekitar café banyak seniman yang bakal menawarkan jasa untuk melukis wajah anda. Apabila anda ingin berkunjung kesini, sebaiknya mulai datang menjelang sore dan bisa menghabiskan waktu hingga malam.

Istana Versailles

Diurutan kedua saya memilih istana Versailles. Istana ini terletak di daerah Fountaineblue, 20 km dari kota Paris. Saya sarankan apabila anda ingin berkunjung ke istana ini sebaiknya menggunakan kereta. Karena disepanjang perjalanan anda akan melihat pemandangan indah pedesaan khas Pasris nan sejuk diselingi pemandangan sungai yang jernih. Tampak luar, istana Versailles ini tidak begitu istimewa, hanya seperti istana-istana tua lainnya. Tapi begitu anda masuk kedalam, suasana orisinil istana-istana zaman keemasan Prancis begitu kentara. Interior di dalam istana ini begitu indah, dipenuhi lukisan-lukisan di dinding maupun langit-langit. Perabotan-perabotan begitu megah dan klasik. Banyak terdapat barang-barang unik, seperti jam kuno, buku-buku, patung-patung.Tidak salah Prancis pada zaman dulu merupakan salah satu bagian peradaban maju.

Sungai Siene dan menara Eiffel
Dibandingkan dengan menara Eiffel, saya lebih tertarik membahas sungai Siene. Bagi saya keindahan sungai ini lebih baik dibandingkan keindahan menara Eiifel, walaupun menara Eiffeil merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Paris. Sungai Siene terletak tidak jauh dari menara Eiffel, dimana sungai ini merupaka sungai yang membelah kota Paris. Kebersihan dan keindahannya sangat jauh dibandingkain sungai di Indonesia. Bagi anda yang tertarik berkeliling kota dapat menggunakan kapal yang menyusuri sepanjang sungai Siene ini.

Pantheon

Merupakan salah satu bangunan bersejarah di Paris. Dahulunya ini merupakan gereja, namun sekarang telah dijadikan museum. Di dalam gedung ini terdapat makam raja-raja Prancis, juga yang unik adalah terdapat jam kuno, dimana jam ini masih menggunakan bandul, merupakan jam bersejarah. Tips bagi anda yang berkunjung ke sini ataupun meseum lainnya di kota Paris, sebaiknya datang pada hari biasa di minggu pertama awal bulan, karena pemerintah mengratiskan biaya masuk alias tidak dipungut bayaran.

Arc de Triomphe
Arc de Triomphe terletak di ujung jalan Champs Elysees, bangunan kecil tapi memiliki bentuk yang unik. Selain itu, bangunan ini merupakan titik tengah dari 11 cabang jalan yang menjadi sentral di kota Paris sendiri. Bila anda hendak kesini dengan Metro, langsung turun di stasiun Charles de Gaulle-Etile.

Gereja Notre Dame
Merupakan gereja yang paling terkenal di Paris, setiap weekend selalu dipenuhi dengan turis yang datang kesini. Bagi saya kembali teringat film Hunchback and Notre Dame, tapi kalau dilihat lebih detail memang gereja ini sangat unik.

Bersambung...

No comments:

Post a Comment